1) Modifikasi dalam Metode Equity
Ø Pengertian
Dalam modifikasi ini maksudnya
adalah di mana perusahaan induk mencatat dan mengakui bagian atas laba atau
rugi perusahaan anak yang ditampung dalam rekening Investasi Saham dan mengakui
pembagian deviden dari perusahaan anak sebagai realisasi pencarian dari
sebagian Investasi.
Ø Cara Modifikasi Dalam Metode Equity
o
Dengan
memisahkan modal yang berkaitan pada perubahan kepentingan dalam perusahaan anak dari modal
yang secara hukum direalisasi dan tersedia untuk dividen.
o
Membutuhkan
penggunaan perkiraan tersendiri
untuk membedakan laba yang direalisasi dan yang tidak direalisasi dari
investasi dalam perusahaan anak.
Ø Masalah penyesuaian dan koreksi sebelum
penyusunan neraca konsolidasi
1. Tidak
dipercayanya oleh salah satu pihak dari perusahaan-perusahaan yang berafiliasi
terhadap informasi keuangan tertentu.
2. Adanya
pos-pos yang masih dalam proses, sehingga suatu informasi telah dicatat oleh
satu pihak akan tetapi belum dicatat oleh pihak yang lain berhubung dengan
faktor waktu.
3. Masalah
Selisih Harga Perolehan dari Nilai Buku Saham
Pada metode ini eliminasi terhadap saldo rekening
Investasi Saham-saham perusahaan anak (dimana jumlahnya selalu berubah-ubah),
didasarkan atas posisi terakhir hak-hak para pemegang saham perusahaan anak
(yang jumlahnya juga selalu berubah-ubah).
2) Penyusunan Neraca Konsolidasi
Ø Pengertian neraca konsolidasi
Penggabungan, eliminasi, dan
penyesuaian antara perusahaan induk dan perusahaan anak yang seolah-olah
sebagai satu perusahaan.
Ø Tujuan adanya penyusunan neraca konsolidasi
Agar dapat memberikan gambaran yang
obyektif dan sesuai atas keseluruhan posisi dan aktivitas dari satu perusahaan yang
terdiri atas sejumlah perusahaan yang berhubungan istimewa, dimana laporan
konsolidasi keuangan diharapkan tidak boleh menyesatkan pihak-pihak yang
berkepentingan dan harus didasarkan pada substansi atas peristiwa ekonomi juga.
Ø Manfaat penyusunan neraca konsolidasi
ü Untuk kepentingan jangka panjang,
efek anak perusahaan terhadap induk.
ü Memberikan informasi
terkini bagi manajemen induk perusahaan tehadap kinerja perusahaan anak.
ü Untuk kepentingan informasi pihak
luar.
Ø Gambaran umum proses konsolidasi
Penggabungan dengan cara menambahkan
secara bersama-sama Laporan Keuangan yang terpisah yang terdiri dari dua
entitas atau lebih. Kemudian, dilakukan penyesuaian dan eliminasi terhadap
transaksi yang terjadi di dalam satu grup. Proses pembuatan Laporan Keuangan
Konsolidasi akan menjadi masalah apabila kepemilikan terhadap perusahaan anak
kurang dari 100%.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar